ALT/TEXT GAMBAR

Saturday, December 3, 2016

Filled Under: , , , ,

Afghan Hound

Afghan Hound Anjing Berburu Anjing Ras Anjing Trah Besar Cute Dog






Asal Usul Afghan Hound
Anjing ini merupakan ras yang sangat kuno, berasal dari Sinai dan disebutkan beberapa kali di papyrus Mesir dan juga digambarkan di gua-gua di Afghanistan Utara selama lebih dari 4000 tahun yang lalu. Ras ini dijaga agar tetap murni selama berabad-abad dan tidak boleh di ekspor. Maka dari itu ras ini baru sampai ke Eropa pada awal abad ini. Sighthound yang elegan ini digunakan sebagai gembala dan pemburu dalam berbagai macam pemburuan, termasuk didalamnya rusa, kambing liar bahkan srigala dan macan salju. Mereka juga banyak digunakan oleh gembala sebagai anjing penjaga. Afghan Hound selain dikenal sebagai pelari yang cepat dan cekatan, penglihatannya juga sangat baik. Bulunya yang tebal melindungi dia dari temperatur yang ekstrim. Di Eropa dan Amerika dia telah menjadi binatang peliharaan yang mewah karena kecantikan aristrokasinya. Beberapa bakat Afghan diantaranya adalah berburu, pengamatan, pencarian jejak, menggembala, dan balapan.

Anjing Afghan Hound sering disebut sebagai “Anjing Bahtera Nuh” oleh suku pemburu di Afganistan.

Anjing Afghan Hound juga dipercaya sebagai salah satu ras anjing yang paling tua. Usia ras ini yang sebenarnya banyak diperdebatkan di setiap buku, oleh setiap penulis dan juga setiap generasi, tapi kebanyakan mengakui bahwa sejarah Afghan Hound dimulai kira-kira 8000 tahun yang lalu. Sedangkan Long-haired Grey Hound ditemukan di Mesir kira-kira 4000 S.M

Di negara asalnya, Afganistan, Afghan Hound dikenal sebagai pemburu yang baik saat berhadapan dengan pemburuan-pemburuan yang liar, seperti rusa, kijang dan leopard putih. Tidak ada anjing jenis lain yang bisa mengalahkan kecantikan eksotis dan keanggunan seperti yang dimiliki Afghan Hound.



American Kennel Club menggambarkan Afghan Hound seperti seorang aristrokrat. “Keseluruhan penampilannya terlihat mempunyai martabat dan daya tarik tersendiri tanpa ada jejak kesederhanaan atau kekasaran. Kepalanya selalu mengangkat tinggi dan lurus ke depan, dan matanya melihat ke kejauhan seperti sedang mengingat masa lalu. Karakteristik yang paling menonjol dari jenis ini adalah ekspresi keeksotisannya atau nuansa timurnya, bulunya yang panjang dan berkilau, pola bulu yang unik, tulang pinggulnya yang sangat menonjol, dan kakinya yang besar. Semua ini membuat penampilan Afghan Hound menjadi seperti yang Anda lihat sekarang, raja dari semua anjing, yang telah menjadi tradisi dari tahun-ke tahun.

Menggambarkan Afghan Hound tidaklah mudah kecuali Anda tinggal dengan mereka, tetapi situs DigitalDog menggambarkannya dengan singkat dan indah :

“Afghan Hound pasti jarang sekali terlihat di pandangan Anda, tidak seperti Labrador atau Beagle, tapi kemudian Anda pergi ke suatu pameran atau taman, dan Anda bertemu dengan Afghan pertama Anda. Mungkin bisa digambarkan seperti seorang gadis cantik disekolah yang semua orang pikir sombong padahal sebenarnya lembut dan pemalu.

Diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1962, Afghan dengan cepat mendapat tempat di hati semua orang, dimana para penyuka Afghan dengan cepat mengetahui bahwa anjing ini sangat pintar, bahkan mungkin terlalu pintar untuk disuap dengan makanan dan terlalu peka untuk bekerja bagi orang yang kurang tulus dan kurang antusias dalam mengerjakan suatu tugas. Untuk memelihara dan melatih Afghan Hound seseorang harus mempunyai rasa hormat kepada individu yang mempunyai pikiran kuat, suka bekerja sama tetapi tidak bisa dipaksa.”

Karakter
Afghan Hound adalah sighthound dengan sikap bangsawan. Tinggi dan ramping dengan kepala yang panjang dan menyempit, rambut yang berkilau dan rahang yang kuat. Bagian belakang kepalanya cukup menonjol. Moncongnya agak cembung dengan hidung hitam. Stopnya bisa dibilang hampir tidak ada. Giginya harus bertemu di level yang sama atau scissors bite. Matanya yang gelap berbentuk seperti almond. Kupingnya terletak lurus dengan kepala. Lehernya panjang dan kuat. Tinggi withers harus sejajar dan abdomennya terletak dengan baik, Tulang pinggulnya cukup menonjol. Kaki depannya kuat dan lurus serta ditutupi dengan bulu yang panjang. Ujung ekornya agak melingkar atau berbentuk seperti cincin. Bulunya yang panjang, lebat dan berkilau umumnya berwarna seperti pasir, wajah dan pinggir kupingnya berwarna lebih gelap. Meskipun semua warna diijinkan, namun marking putih tidak diijinkan.

Sifat/Temperamen
Dia sangat bermartabat, kadang-kadang suka menyendiri namun sangat manis, setia, penyayang dan sensitif serta tidak terlalu suka mendominasi. Mereka harus dilatih dengan baik. Afghan sering digambarkan sebagai “raja dari para anjing”. Mereka mempunyai sifat agung, elegan, mulia dan berani, mempunyai rasa curiga namun tidak bermusuhan terhadap orang asing. Mereka akan sedih dan cenderung tidak mau makan jika mereka sedang ingin diperhatikan. Mereka berhubungan dengan sangat baik kepada anak-anak yang lebih tua dan lebih pengertian.


Ukuran Tubuh
Tinggi : 27 – 29 inci (68.58-73.66 cm). Anjing betina biasanya sedikit lebih pendek.

Berat: 58-64 lbs (26-34kg).


[Baca Juga: Anjing berwajah mirip Monyet]


Masalah Kesehatan
Afghan biasanya jarang sakit. Namun mereka mempunyai pertahanan terhadap rasa sakit yang rendah sehingga mereka sering merasa kesakitan meskipun hanya terluka ringan.



Kondisi Hidup
Afghan Hound tidak dianjurkan bagi mereka yang tinggal di apartement. Mereka cenderung tidak aktif di dalam ruangan dan lebih suka bermain di daerah yang luas. Ras ini bisa tinggal di dalam atau luar ruangan, namun akan lebih senang tidur didalam ruangan.

Olahraga
Afghan Hound menyukai tempat terbuka dan harus diperbolehkan untuk berlari bebas di tempat yang aman serta membutuhkan jalan-jalan setiap harinya selama minimum 30 menit.



Jangka Waktu Hidup
Diperkirakan sekitar 14 tahun.


Perawatan Bulu
Bulunya yang panjang dan tebal membutuhkan perhatian yang lebih. Anjing jenis ini terutama yang ikut serta dalam pameran harus dimandikan satu minggu sekali. Jangan menyikat di antara waktu mandi agar bulunya tetap panjang dan bersinar. Menyikat bulu yang kering akan merusak bulunya dan bahkan akan menjadi lebih mudah kusut. Jika Afghan Anda merupakan peliharaan Anda dan tidak suka ikut dalam pameran, maka Anda tidak perlu memandikannya seminggu sekali. Namun keuntungan bagi Anda jika Anda tetap memandikannya seminggu sekali adalah bulunya tidak akan begitu kusut sehingga akan menghemat waktu Anda. Banyak orang menggunakan semacam jaring rambut untuk menjaga kuping Afghan agar tetap bersih saat mereka sedang makan.


(Dari berbagai sumber)

Putri

Author & Editor

If you can't love a dog like a FAMILY member, don't get one! They only know how to look at you as a pack member, and to them, that's FAMILY

0 comments:

Post a Comment

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © DogLovers Zone™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.